Ilustrasi bencana. (Foto: DD Jabar)

ZNEWS.ID JAKARTA – Mudah bagi Allah untuk membolak-balikkan nasib seseorang. Sebagai umat muslim, berdoa dan mengamalkan perbuatan baik merupakan upaya untuk menolak bala. Maka dari itu, jangan pernah bosan berdoa dan mempraktikkan amalan tolak bala karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Indonesia sedang dirundung beragam cobaan dan duka. Belum usai Pandemi Corona, beberapa wilayah di Indonesia diguncang musibah dan kejadian mengiris hati. Bencana dan musibah tidak mengenal waktu, tahun, dan tempat, apabila Allah berkehendak, maka terjadilah.

Doa Tolak Bala

Manusia pintar memprediksi musibah, namun Allah Sang Penentu kejadiannya. Diriwayatkan dalam hadis Bukhari, bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk berlindung kepada Allah dari segala macam kesengsaraan atas musibah:

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR Bukhari)

Mohonlah keselamatan dari segala musibah dan wabah yang sedang terjadi maupun di masa mendatang yang masih misteri. Selawat Thibil Qulub dapat dibaca untuk menolak bala dan memohon perlindungan kepada Allah:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

BACA JUGA  10 Adab agar Doa Dikabulkan

LEAVE A REPLY