Ilustrasi cuka. (Foto: itdelice.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Cuka termasuk pelengkap masakan yang wajib ada di dapur. Asam yang diperoleh dari cuka penting demi menjaga keseimbangan rasa dalam beberapa makanan. Rasa asam cukadi dapat dari hasil fermentasi makanan yang mengandung etanol (seperti anggur dan beras) atau gula alami.

Gula diubah menjadi alkohol dengan bantuan ragi, yang difermentasi lagi menjadi cuka. Beberapa bahan fermentasi, seperti kelapa, beras, kurma, kesemek, madu, dan lain-lain, dapat digunakan untuk membuat cuka.

Terdapat begitu banyak jenis cuka berdasarkan bahan utama yang dipakai. Setiap jenisnya ternyata punya manfaat tersendiri dalam memasak. Dilansir Boldsky, Kamis (14/1/2021), berikut enam jenis cuka dan manfaatnya:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dibuat dari sari apel atau mustar. Apel difermentasi dan melewati proses ekstensif untuk mengembangkan produk akhir. Cuka berwarna kuning pucat ini dibuat dari apel yang diperas.

Kaya nutrisi, cuka sari apel digunakan dalam salad, chutney, pengawet makanan, dan bumbu perendam. Manfaat kesehatan dari cuka sari apel di antaranya mengatur kadar gula darah, meningkatkan kesehatan usus, menurunkan berat badan, menyembuhkan sakit tenggorokan, meningkatkan kesehatan jantung dan lainnya.

2. Cuka Anggur Merah atau Putih

Cuka ini biasanya digunakan untuk memasak. Cuka ini dibuat dari campuran anggur merah atau putih.

Cuka putih memiliki rasa yang tajam, sedangkan cuka merah dibumbui dengan raspberry alami. Cuka merah biasanya digunakan dalam olahan daging babi, sedangkan cuka putih digunakan untuk olahan ayam atau ikan.

LEAVE A REPLY