Ilustrasi transportasi Jakarta. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar/aww)

ZNEWS.ID JAKARTA – Laporan “Augmenting the Daily Commute” dari Ericsson ConsumerLab menunjukkan bahwa teknologi digital memberi pengaruh penting bagi peningkatan infrastruktur transportasi di Jakarta. Ericsson menilai, infrastruktur lalu lintas yang baik sangat dibutuhkan guna meningkatkan efisiensi perjalanan.

Penelitian dilakukan untuk mencari tahu pendapat dan kebiasaan masyarakat guna menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih memuaskan di era yang semakin digital dan terhubung.

Masyarakat akan memiliki ekspektasi tinggi terhadap gawai, konektivitas seluler, serta kendaraan yang digunakan sehari-hari ketika melakukan perjalanan untuk beraktivitas maupun mengikuti kegiatan sosial dan hiburan.

Penelitian Ericsson menunjukkan bahwa mayoritas responden tidak mempermasalahkan lamanya waktu yang ditempuh dalam suatu perjalanan. Lebih dari itu, satu dari empat responden mengakui bahwa mereka rela berangkat 20 menit lebih awal jika hal tersebut menjamin kenyamanan dalam perjalanan.

Selain kenyamanan, poin penting yang ditekankan oleh responden adalah kepastian untuk mencapai tujuan dengan tepat waktu. Hal ini lebih penting daripada mengurangi durasi total perjalanan.

Maka dari itu, memiliki akses terhadap informasi lalu lintas secara real-time memengaruhi tingkat kepuasan seseorang. Memiliki mental space juga terbukti penting dalam menjaga kepuasan seseorang ketika berada dalam perjalanan.

Savvy commuters merupakan istilah untuk komuter yang menikmati perjalanan secara cerdas, mereka akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang positif dan menyenangkan dalam perjalanan. Termasuk, mental space yang cukup.

BACA JUGA  Infrastruktur Tetap Jadi Hal Penting dalam Pemulihan Ekonomi

LEAVE A REPLY