Dompet Dhuafa Jabar melakukan berbagai respons dalam Penanganan Darurat Longsor Cihanjuang. (Foto: DD Jabar)

ZNEWS.ID SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor di Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor sejak 9 – 29 Januari 2021. Bupati Sumedang mengaktifkan pos komando di SMA Negeri 1 Cimanggung yang berada dekat dengan lokasi terdampak. Selain itu, juga menunjuk sekretaris daerah sebagai komandan posko dalam penanganan darurat longsor Cihanjuang.

Merespons situasi penanganan darurat di lokasi longsor Cihanjuang, Dompet Dhuafa Jawa Barat (DD Jabar) sigap membantu sejak hari pertama terjadinya bencana.

Berbagai respons Dompet Dhuafa Jabar dalam Penanganan Darurat Longsor Cihanjuang. (Foto: DD Jabar)

“Dompet Dhuafa Jabar sudah berada di lokasi longsor sejak Sabtu malam. Bahkan, saat longsor susulan terjadi, tim ikut serta mengevakuasi korban yang tertimbun”, jelas Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah.

Selain membantu evakuasi korban, berbagai respons juga dilakukan Dompet Dhuafa Jabar. Yakni, standby ambulans, mendirikan Pos Hangat pagi dan sore dengan menyediakan 150 cup minuman hangat, makanan ringan ubi dan pisang rebus.

Berbagai respons Dompet Dhuafa Jabar dalam Penanganan Darurat Longsor Cihanjuang. (Foto: DD Jabar)

“Pos hangat ini kami buat untuk menyediakan minuman hangat dan suplemen untuk para warga yang terdampak dan para relawan,” kata Andriansyah.

Selain itu, Tim Relawan Kemanusiaan Dompet Dhuafa Jabar mendirikan Dapur Umum dengan menyediakan 200 bungkus makanan untuk penyintas dan relawan.

Berbagai respons Dompet Dhuafa Jabar dalam Penanganan Darurat Longsor Cihanjuang. (Foto: DD Jabar)

“Tim juga mengantarkan jenazah almarhum Kusnandar kepada keluarganya di Kampung Bojonglimus, Desa Sukahurip, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang,” ujar Andriansyah.

Hari ini, tim relawan tetap aktif mengikuti operasi pencarian korban hilang, menyediakan 200 bungkus makanan, standby ambulans, Pos Hangat, serta penyemprotan disinfektan untuk fasilitas kesehatan, pos relawan, pengungsian, dan unit ambulans yang sudah mengevakuasi atau mengantar jenazah.

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Longsor Sumedang: 36 Orang Meninggal, 4 Masih Hilang

LEAVE A REPLY