Ilustrasi pakai behel. (Foto: acaciadentalgroup.com.au)

ZNEWS.ID JAKARTA – Penggunaan alat ortodontik atau behel tidak hanya berfungsi untuk merapikan gigi. Sebagian orang justru sengaja menggunakannya sebagai penunjang penampilan bahkan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Gigi yang berantakan dapat berisiko memicu berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti kesulitan berbicara, menggigit, dan mengunyah. Untuk mengatasinya, para ahli akan menyarankan perawatan menggunakan alat ortodontik atau behel (kawat gigi)

Akan tetapi, penggunaannya tidak boleh sembarangan. Dokter spesialis ortodonsia, drg Benny Mulyono Soegiharto MSc MorthRCS PhD SpOrt, mengatakan bahwa perawatan secara menyeluruh harus dilakukan agar membuat gigi tetap sehat.

Dia juga tidak menyarankan untuk menggunakan behel dalam jangka waktu yang lama seperti lebih dari lima tahun. Sebab, idealnya menggunakan behel hanya 2-3 tahun saja.

“Bilamana faktor kebersihan tidak diperhatikan efeknya bisa terjadi caries, radang gusi, dan sebagainya. Bisa juga memengaruhi tulang rajang di sekitar gigi. Bisa juga karena terlalu ditarik-tarik, terlalu keras akan terjadi resorpsi akar gigi,” kata Benny, dikutip dari Antara, Rabu (13/1/2021).

Meski demikian, pada kasus tertentu, memang ada pasien yang menggunakan behel lebih dari lima tahun. Namun, hal tersebut biasanya terjadi lantaran pasien tidak mengikuti instruksi perawatan dari dokter.

“Sebaiknya memang tidak terlalu lama, ada beberapa orang yang menggunakan behel sampai lebih dari lima tahun. Bisa saja terjadi, yang wajar itu biasanya 2-3 tahun. Bisa enggak molor? Ya, bisa, karena ada beberapa faktor lain, tergantung kasusnya juga. Kedua, tergantung dari kerja sama pasiennya ini,” ujar Benny.

BACA JUGA  Harus Dihindari, Ini 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemakai Kawat Gigi

LEAVE A REPLY