Ilustrasi anak aktif di rumah. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Aktivitas fisik tak hanya penting untuk orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Di tengah keterbatasan ruang gerak, orang tua harus memutar otak mencari cara agar buah hati bisa tetap aktif di rumah.

Dokter spesialis anak, Noor Anggrainy, memberi saran untuk orang tua agar bisa mengajak anak dari berbagai rentang usia bisa aktif di dalam rumah.

Noor mengatakan, untuk anak usia di bawah satu tahun, anak bisa diajak bermain di lantai yang sudah diberi alas. Durasi yang direkomendasikan adalah 30 menit.

“Coba lakukan sesi rutin tummy time di mana anak berbaring di atas perutnya selama beberapa waktu. Pastikan anak dalam keadaan terbangun dan selalu dalam pengawasan Anda. Bisa bacakan buku, atau bacakan cerita,” kata dia.

Noor menyarankan, sebaiknya tidak menahan anak diam di satu waktu dalam durasi lebih dari satu jam, seperti meletakkannya di kereta bayi atau digendong hingga satu jam.

Hiburan lewat gawai memang jadi alternatif yang menggoda agar anak bisa anteng tanpa harus ke luar rumah. Namun, dia mengingatkan, screen time untuk anak di bawah satu tahun tidak direkomendasikan.

Untuk anak usia 1-3 tahun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan batas maksimal screen time tidak boleh lewat dari satu jam. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan video agar bisa terhubung dengan keluarga yang berjauhan di tengah pandemi Corona.

BACA JUGA  Dukung Pesantren, Pemerintah Alokasikan Dana Rp 2,6 Triliun

LEAVE A REPLY