Komunitas Media Pembelajaran (Komed) melaksanakan rangkaian kegiatan Lomba Cipta Media Pembelajaran (LCMP) secara nasional. (Foto: makmalpendidikan.net)

Oleh: Dede Iwanah SPd (Guru IPS SMP SMART Ekselensia Indonesia)

ZNEWS.ID JAKARTA – Hari itu, Sabtu siang nan terik, berkumpulah belasan bapak dan ibu guru dari berbagai jenjang sekolah. Mulai PAUD, SD baik negeri maupun swasta dan MI di Pusat Studi Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Mereka datang dari beberapa wilayah di Kabupaten Bogor. Raut wajah mereka sangat antusias dan terlihat semangat menimba ilmu meski terpaut usia yang cukup timpang satu sama lain.

Siang itu, saya diamanahi menjadi fasilitator workshop media pembelajaran pada kegiatan Komunitas Guru Pembuat Media Pembelajaran (KOMED) yang dimotori oleh PSB. Pada kesempatan itu, saya mempresentasikan tentang Monasean, produk permainan yang diadopsi serupa monopoli baik bentuk ataupun permainannya dan dipadukan dengan materi ASEAN pada mata pelajaran IPS kelas IX semester 1.

Monasean adalah salah satu produk orisinil karya siswa kelas IX A SMP SMART Ekselensia Indonesia tempat saya mengajar.

Tibalah saat lokakarya, di mana mereka dipersilakan mempraktikkan membuat permainan sejenis dengan tema yang berbeda dan cara bermain yang berbeda pula, sesuai dengan jenjang pendidikan siswa yang mereka ajar.

Di luar dugaan para peserta lokakarya sangat antusias dengan produk Monasean. Sehingga, tidak perlu menunggu lama untuk mereka langsung bergerak dan menyiapkan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Dengan sigap, mereka langsung membentuk kelompok dan berbagi tugas. Beberapa waktu kemudian, terciptalah Monopes (Monopoli Pesawat Sederhana), Monua (Monopoli Benua), dan Monomazi (Monopoli Makanan Bergizi) meski belum rampung 100%.

BACA JUGA  Bisnis Indonesia Group┬áTunaikan Zakat Karyawan di Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY