Ilustrasi pasang behel atau kawat gigi. (Foto: pexels.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Memakai behel atau kawat gigi membantu struktur gigi menjadi lebih baik. Tetapi, jika tidak melakukan perawatan dengan┬ábenar, justru akan merusak gigi.

Dokter spesialis ortodonsia, drg Benny Mulyono Soegiharto MSc MorthRCS PhD SpOrt, mengatakan bahwa terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna behel. Yang paling umum, kata dia, malas menyikat gigi. Sehingga, dapat menyebabkan gigi berlubang.

Benny menjelaskan, menjalani perawatan ortodontik artinya harus melakukan perawatan ekstra untuk gigi daripada biasanya. Sebab, gigi tertutup oleh biji behel dan juga kawat gigi.

“Kedua, tidak mengikuti instruksi dokter gigi. Misalnya, disuruh pakai karet enggak dipakai, jadi memperlama perawatan,” katanya dalam bincang-bincang “Kenali Perawatan Ortodontik Gigi”, Selasa (12/1/2021).

Pemakaian karet pada pengguna behel berfungsi untuk mengoordinasikan gerakan agar dapat menggigit dengan baik dan sempurna serta tercapai fungsi lainnya.

Kesalahan ketiga yang sering dilakukan oleh pengguna behel adalah makan sembarangan. Menurut Benny, sebaiknya pasien tidak mengonsumsi makanan yang keras atau yang membuat gigi harus bekerja ekstra untuk menggigit.

Hal ini dapat mengakibatkan lepasnya biji kawat pada gigi. Jika sampai terlepas, saat dipasang ulang, kekuatan menempel pada gigi tidak sekuat yang pertama.

BACA JUGA  Pakai Behel Terlalu Lama Bahaya, Ini Waktu Idealnya

LEAVE A REPLY