Ilustrasi musik. (Foto: shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Tren dalam industri musik selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Mulai dari gaya, cara orang mendengarkan, hingga kecenderungan teknologi yang digunakan penyedia layanan musik.

Pada 2021, diperkirakan akan hadir tren baru dalam musik. Berikut tiga tren musik teratas di tahun 2021 berdasarkan survei berjudul Indonesia Music 2021 Outlook oleh Provetic bersama dengan Resso dan TikTok, yang melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, dan pelaku industri musik lainnya.

Genre Lebih Beragam

Tahun 2020 telah mengajarkan kita betapa menyenangkannya untuk dapat mengeksplore genre musik yang lebih luas. Selama pandemi, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan musik dan genre baru sebagai cara untuk menghibur mereka.

Ketika orang-orang mulai mendengarkan berbagai jenis genre, hal ini juga akan membuka banyak peluang bagi musisi dari berbagai genre untuk mulai berkolaborasi.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 20 persen responden juga ingin melihat kolaborasi multi genre sebagai tren industri musik di tahun 2021. Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik.

Platform Hubungkan Nusisi dan Pendengar

Berbagai platform streaming musik akan memikul tanggung jawab tambahan setelah adanya pandemi. Tidak hanya menyediakan musik saat bepergian bagi pengguna, namun juga memiliki peran yang lebih integral dalam industri musik untuk mendukung musisi lokal dan membantu mereka terhubung dengan para penggemarnya di tengah adanya jarak yang menghambat.

Banyak platform musik digital yang dinilai berhasil mendekatkan para musisi dengan para penggemarnya. Sebanyak 62 persen responden juga menyetujui bahwa konser virtual akan menjadi sebuah kebiasaan baru di masa depan.

LEAVE A REPLY