Sejumlah aparat keamanan melaksanakan shalat berjamaah usai peresmian renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Renovasi masjid Istiqlal yang menelan biaya sebesar Rp511 miliar dari APBN merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

ZNEWS.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengingatkan agar renovasi masjid Istiqlal jangan dijadikan ajang gagah-gagahan.

“Renovasi masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan,” kata Presiden Joko Widodo di kompleks masjid Istiqlal Jakarta, Kamis.

Jokowi menyatakan bahwa renovasi yang menelan biaya hingga ratusan miliar ini pertama kali dilakukan sejak 42 tahun lalu.

“Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun yang lalu dan menelan biaya Rp511 miliar dari APBN,” kata Jokowi dalam acara peresmian renovasi masjid Istiqlal yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021).

Ikut hadir dalam peresmian tersebut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia,” tutur Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa masjid Istiqlal didirikan 42 tahun yang lalu sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah karena bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan.

BACA JUGA  Belajar dari India, Kepala Daerah Diminta Waspadai Peningkatan Kasus COVID-19

LEAVE A REPLY