Ilustrasi. (Foto: verywell.com)

Oleh: Ustazah Nur Hamidah Lc MAg

ZNEWS.ID HONG KONG – Lisan kita adalah kunci kesuksesan keluarga. Lisan bisa jadi mengetuk pintu langit karena selalu di jaga malaikat dari kanan dan kiri (QS 50: 17-18), depan dan belakang (QS 13: 11), serta atas dan bawah (QS 51: 22-23).

Dengan begitu, jadikan setiap ucapan adalah kebaikan untuk suami dan anak. Jangan sekali-kali remehkan doa karena ia tersimpan langsung dalam genggaman Allah SWT, bukan di Lauhul Mahfudz.

11 Tipe Lisan

Setidaknya, terdapat 11 tipe lisan. Pertama, lisan yang dapat mengetuk pembelaan pintu langit, sebagaimana dikisahkan dalam QS 58: 1-4.

Sedangkan hikmah dan hukum di balik kisah tersebut adalah:

Dua opsi manajemen konflik rumah tangga: didiamkan atau dicuekin, maka jadikan ladang sabar, seperti kisah Asiah, istri Firaun. Diperpanjang atau dikasuskan, maka diadukan ke pihak yang berwenang untuk mencari solusi.

Berbicara kepada Allah dengan terucap atau dalam hati. Dalilnya, QS 50: 16-18 (direkam malaikat Rakib dan Atid), dicontohkan Rosul, QS 7: 205), QS 51: 22-23 (disaksikan langit dan bumi), dan QS 13: 11 (diaminkan malaikat Muaqibat).

Kedua, lisan yang mendesain nasib manusia. Seperti dikisahkan dalam QS 51: 23. Sebagai contoh, doa Nabi Ibrahim AS (QS 2: 124-128): “Maka demi Tuhan langit dan bumi, sungguh, apa yang dijanjikan itu pasti terjadi seperti apa yang kamu ucapkan.”

Ketiga, lisan yang dapat mengubah taqdir, seperti dikisahkan dalam QS 13: 11 dan doa istrinya Imron dalam QS 3: 35-36. “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada perlindungan bagi mereka selain Dia.”

LEAVE A REPLY