Ilustrasi tidur. (Foto: shutterstock.com)

ZNEWS.ID HONG KONG – Hendaklah engkau berusaha supaya dapat bangun dari tidur sebelum terbit fajar dan hendaklah zikrullah yang mendahului segala sesuatu, baik di hatimu atau di lidahmu. Dan bacalah doa ketika itu. (bacaan doa seperti pada gambar)

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami akan kembali. Telah berpagi-pagi kami dan telah berpagi-pagi (telah jadi) segala kerajaan itu bagi Allah. Segala keagungan dan kerajaan itu bagi Allah. Segala kemegahan dan segala kekuasaan hanya bagi Allah, Tuhan sekalian alam. Telah berpagi-pagi kami atas keadaan fitrah Islam dan kalimat keikhlasan dan di atas agama Nabi kami Muhammad SAW dan atas Millah Nabi Ibrahim AS yang selalu dalam keadaan cenderung kepada Islam dan membenci agama yang lain. Dan bukanlah Nabi Ibrahim itu seorang yang musyrik.”

“Ya Allah! Kami meminta kepada-Mu supaya Engkau bangunkan kami pada hari ini untuk dapat melakukan segala kebaikan dan kami berlindung dengan-Mu dari melakukan sebarang kejahatan atau mengenakannya kepada orang Islam yang lain. Ya Allah! Dengan-Mu kami berpagi-pagi dan dengan-Mu kami berpetang-petang dan dengan-Mu kami hidup dan dengan-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kami akan dikembalikan. Kami memohon kepada-Mu akan kebaikan hari ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya kami berlindung dengan-Mu dari kejahatan hari ini dan segala kejahatan yang ada di dalamnya.”

Apabila engkau memakai pakaianmu maka hendaklah engkau niatkan dengannya menjunjung perintah Allah pada menutup auratmu dan janganlah engkau berniat dengan berpakaian itu untuk menunjuk-nunjuk kepada makhluk. Kalau begitu, engkau akan mendapat kerugian. (ddhk.org)

(Dinukil dari buku terjemahan kitab Bidayatul Hidayah/Permulaan Jalan Hidayah karya Al Imam Hujjatul Islam Al Ghazali RA)

BACA JUGA  Adab Masuk Toilet

LEAVE A REPLY