Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei melambaikan tangannya saat tiba untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu Parlemen di sebuah tempat pemungutan suara di Tehran, Iran, Jumat (21/2/2020). ANTARA FOTO/Official Khamenei website/Handout via REUTERS/wsj.

ZNEWS.ID, DUBAI – Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan pada Sabtu bahwa ia berjanji akan melakukan pembalasan atas pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh.

Fakhrizadeh, yang dituduh oleh negara Barat dan Israel sebagai otak di balik proyek senjata nuklir rahasia Iran, ditembak oleh pria bersenjata ketika berada di dalam mobilnya, di dekat Ibu Kota Teheran, pada Jumat (27/11).

Khamenei –yang menyebut bahwa Pemerintah Iran tidak pernah berupaya membuat senjata nuklir– juga berjanji untuk melanjutkan kerja Fakhrizadeh, demikian menurut pernyataannya dalam cuitan di Twitter.

Dalam cuitannya, Khamenei menyebutkan bahwa para pejabat Iran harus menjalankan tugas untuk “mengejar kasus ini serta menghukum pelaku dan siapa yang memerintahkannya.”

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menuding bahwa Israel adalah dalang pembunuhan Fakhrizadeh.

Rouhani, dalam rapat kabinet yang disiarkan di televisi, menyatakan bahwa Iran akan merespons “pada waktu yang tepat.”

“Sekali lagi, tangan-tangan jahat Arogansi Global dan para pembunuh bayaran Zionis telah ternoda oleh darah seorang putra Iran,” kata Rouhani, menggunakan istilah yang merujuk pada Israel saat menyebut Zionis.

BACA JUGA  Menlu Iran Tuding Israel Provokasi Perang di Irak

LEAVE A REPLY