(Foto: baktinusa.id)

Oleh: Budiyanto (Manajer Bakti Nusa)

ZNEWS.ID BOGOR – Dalam program Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa), pengembangan kepemimpinan merupakan cerminan perjalanan para penerima manfaatnya yang masih sangat panjang. Maka, kami sebagai pengelola Bakti Nusa selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk membentuk mereka menjadi pemimpin berintegritas, cendekia, transformatif dan melayani dalam mewujudkan Indonesia berdaya.

Keberhasilan Bakti Nusa bukan hanya dilihat saat para penerima manfaatnya berada di kampus dan menjalani peran kepemimpinan sebagai aktivis kampus, namun lebih jauh lagi. Keberhasilan Bakti Nusa akan tampak saat penerima manfaatnya dapat menampilkan profil kepemimpinan yang menyatu dalam peran-peran kepemimpinan selanjutnya.

Peran kepemimpinan di keluarga, masyarakat, profesi, kebangsaan, dan kenegaraan. Bahkan, peran-peran kemanusiaan. Sehingga, berakhirnya masa pembinaan Bakti Nusa justru menjadi awal memasuki fase kepemimpinan sesungguhnya, lebih panjang masanya, dan membutuhkan energi serta kesabaran lebih besar.

Oleh karena itu, perhelatan National Mission akan mengukuhkan para penerima manfaat sebagai pemimpin pembangun masyarakat. Pemimpin yang hidup, besar, dan berperan dalam kehidupan masyarakat. Pun, keberadaan mereka dapat dirasakan oleh orang-orang di sekitar karena manfaat yang diberikan.

Tema National Mission, “Menjaga Integritas, Kolaborasi untuk Kemanusiaan”, senada dengan dua buku hasil kerja keras 138 penerima manfaat yang diluncurkan dalam prosesi ini.

Selain prosesi wisuda dan pengukuhan, juga dilaksanakan training kepemimpinan keluarga, training kepemimpinan umat, penguatan seputar ZISWAF dan forum aktivis. Yaitu, forum milik para penerima manfaat untuk membicarakan kolaborasi dan peran-peran pasca-National Mission. Baik peran dalam program Bakti Nusa, peran keumatan dan kebangsaan, serta peran-peran kemanusiaan bersama.

Semoga Allah menjaga mereka semua dalam menjalankan mandat kemanusiaan sebagai seorang pemimpin di muka bumi dan kembali kepadanya dalam keadaan selamat. Walaa tamuutunna illa wa antum muslimuun. (baktinusa.id)

BACA JUGA  4 Aspek dalam Konsep Kepemimpinan Bakti Nusa Dompet Dhuafa Pendidikan

LEAVE A REPLY