Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (Foto: kemdikbud.go.id)

ZNEWS.ID JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendorong agar insan pendidikan dapat menjadikan pandemi Corona sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi.

Nadiem percaya, selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Ia mengatakan bahwa banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong-royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Para orang tua, kata dia, begitu aktif terlibat mendampingi anaknya saat belajar dari rumah. Ayah dan ibu membahu memberikan motivasi, menemani belajar, bahkan turut pula menjadi guru bagi anak-anaknya.

Jutaan guru Indonesia, lanjut Nadiem, turut serta dalam ribuan webinar dan pelatihan daring. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi.

“Sikap-sikap positif ini, semangat pantang menyerah dan gotong-royong adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa,” jelas Nadiem dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020 di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Ia juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk. Pandemi telah memberikan momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Maju.

“Bapak dan ibu guru yang saya hormati, pada kesempatan ini, kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa,” kata Nadiem.

BACA JUGA  Komed Dorong Guru Indonesia Aktif Berkreasi dan Belajar lewat LCMP

LEAVE A REPLY