Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira. ANTARA FOTO/REUTERS/Lisi Niesner/aww.

ZNEWS.ID, JAKARTA – Pebalap tuan rumah Miguel Oliveira layak melakukan selebrasi setelah merebut pole position perdananya di kelas premier untuk start terdepan di Grand Prix Portugal yang akan digelar Ahad (22/11/2020) ini.

Oliveira menjadi satu-satunya pebalap asal Portugal yang ada di grid MotoGP tahun ini dan pahlawan lokal itu telah membuktikan diri lewat kemenangan di Grand Prix Styria serta pole position perdana yang ia raih di kampung halamannya pada Sabtu.

Di belakang pebalap tim KTM Tech3 itu, Franco Mobidelli dari tim Petronas Yamaha menyintas Q1 dan menebusnya dengan mengamankan posisi start kedua setelah finis 0,044 detik lebih lambat dari catatan waktu satu menit 38,892 yang ditorehkan Oliveira.

Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller melengkapi posisi start di baris terdepan setelah finis P3, demikian laman resmi MotoGP.

MotoGP terakhir kali menggelar balapan di Portugal pada 2012 di Sirkuti Estoril dan tahun ini ajang balap motor paling bergengsi itu menyambangi Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal untuk pertama kalinya dan akan menjadi seri pemungkas musim ini di saat Joan Mir telah mengunci gelar juara dunia di Valencia pekan lalu.

Namun demikian, enam pebalap lainnya secara matematis masih memiliki peluang memperebutkan peringkat kedua di klasemen yang saat ini ditempati oleh Morbidelli.

Seri penutup itu juga akan menjadi penentuan pertarungan titel konstruktor di mana Suzuki dan Ducati sama-sama mengantongi 201 poin di puncak klasemen dengan Yamaha pada peringkat tiga dengan selisih 13 poin.

BACA JUGA  Petrucci Juara, Alex Marquez Runner Up

LEAVE A REPLY