Ilustrasi anak main boneka. (Foto: Pixabay/cherylholt)

ZNEWS.ID JAKARTA – Barbie dan tim ahli saraf dari Universitas Cardiff, Inggris, mengumumkan penelitian terbaru bahwa pemainan boneka dapat mengembangkan empati dan keterampilan sosial. Studi yang menggunakan ilmu saraf (neuroscience) ini pertama kalinya dilakukan dengan tujuan mengeksplorasi dampak positif permainan boneka terhadap anak-anak.

Penelitian itu menunjukkan bukti baru bahwa permainan boneka mengaktifkan daerah otak yang memungkinkan anak-anak mengembangkan empati dan keterampilan proses informasi sosial.

“Bahkan ketika bermain sendirian, empati dan keterampilan sosial sejak dini terbukti dapat memiliki nilai yang lebih baik, bertahan di sekolah lebih lama, dan membuat pilihan yang lebih baik secara keseluruhan,” ujar Dr Michele Borba, ahli ilmu empati dan psikolog pendidikan dalam rilis resmi Mattel, Sabtu (21/11/2020).

Studi terbaru dilakukan terhadap 42 anak yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 22 anak perempuan pada rentang usia 4-8 tahun. Survei tersebut juga dilakukan oleh OnePoll pada Juli 2020 di 22 negara berbeda yang menanyai 15.000 orang tua dari anak-anak berusia 3-10 tahun.

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan boneka dari Barbie tersebut mengungkapkan bahwa bermain boneka memang bermanfaat. Namun, masih belum banyak orang tua yang menyadarinya.

Hal ini terlihat dari fakta bahwa 91 persen orang tua menilai empati merupakan keterampilan sosial utama yang ingin mereka kembangkan pada anak, tetapi hanya 26 persen yang menyadari bahwa bermain boneka dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan ini.

Penelitian tersebut juga menyoroti bahwa bermain dengan boneka dapat memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan bermain dengan tablet. Karena, memungkinkan mereka mengembangkan empati dan keterampilan sosial, bahkan saat anak bermain dengan boneka sendirian.

Mereka dapat belajar bagaimana mengantisipasi kebutuhan orang lain, merencanakan perilaku dan tindakan, memikirkan emosi orang lain, serta keterampilan diplomasi dan bagaimana menyelesaikan permasalahan. Manfaat bermain boneka sendirian juga terbukti sama untuk anak laki-laki dan perempuan.

BACA JUGA  Penelitian Terbaru Sebut Masker Kain Efektif Mencegah Virus Corona

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

LEAVE A REPLY