Ilutrasi UMKM. (Foto: Istimewa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong masyarakat Indonesia khususnya para pelaku UMKM untuk menjadikan produknya sebagai produk yang berkualitas dan memiliki sertifikasi halal.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo, menjelaskan bahwa sertifikasi halal tersebut bertujuan untuk memperluas jangkauan penjualan sekaligus memberikan keyakinan kepada pelanggan.

“Ditjen IKP dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama telah melakukan komitmen kerja sama komunikasi dan diseminasi informasi penyelenggaraan layanan sertifikasi halal pada 18 Agustus 2020 lalu,” ujar Widodo, dilansir dari laman resmi Kominfo, Jumat (20/11/2020).

Selain itu, Widodo mengatakam bahwa Kementerian Kominfo juga mendorong para pelaku UMKM untuk maju dengan bersikap kreatif dan adaptif dengan kemajuan teknologi (transformasi digital) di masa pandemi. Serta, ingin mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk membeli produk dalam negeri sebagai langkah konkrit membela bangsa.

“Semua upaya tersebut tentunya bertujuan untuk dapat menggerakkan dan meningkatkan perekonomian bangsa,” ucapnya.

Lebih lanjut, mengenai peran UMKM, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo, Septriana Tangkary, dalam laporannya mengungkapkan bahwa UMKM
merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

“Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 56-59 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Dari jumlah tersebut, sekitar 9,6 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya,” ungkap Septriana.

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Menkominfo Dorong Anak Muda Kembangkan Gim Kepahlawanan

LEAVE A REPLY