Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto. (Foto: ANTARA News/Anom Prihantoro)

ZNEWS.ID JAKARTA – Psikolog anak, dr Seto Mulyadi, mengajak para orang tua menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak tidak bosan saat harus belajar di rumah saat pandemi Corona.

Menurut pria yang akrab disapa Kak Seto ini, kunci utamanya adalah komunikasi yang efektif. Untuk mencapai komunikasi yang efektif, para orang tua diharapkan dapat memosisikan anak sebagai sahabat, bukan sebagai bawahan yang harus menerima perintah.

“Anak-anak rindu ingin bertemu teman-temannya. Maka, mohon, ayah dan ibu memosisikan juga sebagai teman. Jadi, perlu persahabatan, tidak ada kekerasan, tidak ada pemaksaan, dan sebagainya,” katanya, saat konferensi pers virtual Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Sementara, untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Kak Seto mengajak para orang tua menerapkan pembelajaran jarak dekat (PJD), bukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dengan PJJ, para anak diharuskan belajar secara daring, belajar dengan bertatap muka dengan gurunya dari jarak jauh melalui layar komputer. Padahal, kemampuan anak untuk terus menatap layar komputer selama berjam-jam bisa membuatnya pusing, lelah, dan bisa juga menjadi bosan.

Hal itu, kata dia, akan membuat suasana belajar menjadi kontraproduktif dengan tujuan utama anak-anak belajar. Selain juga membuatnya tidak optimal.

“Bikin pusing, bikin lelah, akhirnya jadi kontraproduktif. Jadi tidak optimal. Bahkan, akhirnya jadi bosan, benci belajar, dan bisa fobia terhadap belajar,” katanya.

BACA JUGA  LKC DD Yogyakarta Edukasi Warga Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat

LEAVE A REPLY