Ilustrasi psoriasis. (Foto: cornerstonedermatology.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Psoriasis merupakan kondisi kulit autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit dan menyebabkan timbulnya bercak merah bersisik, tebal, dan kering. Penyakit ini dapat timbul pada kulit di bagian tubuh mana pun.

Beberapa penderita psoriasis juga merasakan gatal, terbakar, dan menyengat. Kondisi kulit tidak menular ini telah dialami sekitar dua persen dari total populasi dunia.

Psoriasis termasuk jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Dan, dapat terjadi jika mengalami stres, pengaruh obat-obatan, infeksi, ataupun konsumsi makanan tertentu.

Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI), dr Endi Novianto SpKK(K) FINSDV FAADV, mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak menyadari mengalami psoriasis. Padahal, jika tidak langsung ditangani bisa berkembang menjadi penyakit serius.

“Saat ini, psoriasis banyak kita jumpai di masyarakat. Sayangnya, bagi sebagian orang, mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis,” ujar Endi dalam bincang-bincang virtual “Psoriasis, Lebih dari Sekadar Penyakit Kulit”, Kamis (5/11/2020).

Endi menuturkan bahwa psoriasis memang belum dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun, jika dilakukan penanganan yang tepat dan sejak dini, penyakit tersebut dapat dikendalikan.

“Psoriasis yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti radang sendi atau psoriasis arthritis dan sindrom metabolik,” katanya.

BACA JUGA  Kiat Aman Berolahraga di Luar Ruangan saat Pandemi Corona

LEAVE A REPLY