Ilustrasi: Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Dokter Reisa Broto Asmoro, menggunakan masker saat olahraga. (Foto: KOMBEN BNPB)

ZNEWS.ID JAKARTA – Memakai masker dalam kondisi basah tak hanya mempersulit si pemakai, fungsi dari penggunaannya juga berkurang. Karena itu, dokter selalu mengingatkan untuk membawa masker cadangan saat berolahraga.

Dokter Muliadi Limanjaya, Dokter Umum di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, mengatakan bahwa saat masker dalam kondisi basah, udara biasa akan terhambat untuk lewat. Sehingga, menyebabkan fungsi dari masker menjadi terganggu.

“Masker basah bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan dan sirkulasi. Oleh karena itu, senantiasa membawa cadangan dan segera menggantinya bila masker yang dipakai sudah basah,” kata Muliadi melalui surat elektronik, Sabtu (31/10/2020).

Masker, kata dia, wajib dipakai untuk olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Untuk membiasakan diri, Muliadi menyarankan berlatih secara rutin dan bertahap. Sehingga, fungsi sistem pernapasan semakin meningkat.

Juga, bisa mengompensasi kondisi olahraga dengan fungsi pertukaran udara yang tertutup oleh masker. Sebaiknya, kata dia, jika akan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, pilih tempat yang sepi atau gunakan masker khusus untuk olahraga.

Sementara, dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto SpKO, menuturkan hal senada. Michael mengatakan bahwa masker yang basah akan melekat di hidung dan mulut. Jadi, proses bernapas justru lebih sulit.

“Harus bawa masker lebih dari satu. Jadi, pas basah cepat diganti. Kalau tidak, akan menghalangi proses bernapas,” ujar Michael.

BACA JUGA  Cerita Penyintas Corona yang Sembuh dengan Berolahraga, Bernyanyi dan Berdoa

LEAVE A REPLY