Ilustrasi: Dokter Reisa Pakai Masker Kain Tiga Lapis (Foto: Instagram Reisa Broto Asmoro)

ZNEWS.ID JAKARTA – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Cambridge dan Universitas Northwestern menyebutkan bahwa masker kain terbukti efektif mencegah penyebaran virus Corona.

Dilansir dari Independent, Jumat (30/10/2020), para peneliti mengungkap bahwa sebagian besar kain yang biasa digunakan untuk masker wajah nonklinis efektif dalam menyaring partikel ultrafine. Yang mungkin, mengandung virus seperti SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Para peneliti menguji semua sampel mulai dari kaus, kaus kaki, jeans, hingga tas vakum untuk mengungkap jenis bahan masker mana yang paling efektif dalam menyaring partikel dengan kecepatan tinggi.

Peneliti melihat bagaimana bahan-bahan tersebut bekerja saat seseorang batuk atau bernapas dengan berat ketika menggunakan masker.

Mereka juga memeriksa efektivitas N95 dan masker bedah, yang lebih umum dipakai oleh profesional perawatan kesehatan.

Masker N95 terbukti sangat efektif. Namun, kantong vakum HEPA yang dapat digunakan kembali sebenarnya melebihi kinerja N95 dalam beberapa pengujian.

Saat melihat masker kain buatan sendiri, peneliti menemukan bahwa secara umum, masker yang dibuat dari beberapa lapisan kain paling efektif.

BACA JUGA  Menebar Kebaikan, Barli Asmara dan Dian Pelangi Gandeng Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY