Ilustrasi rezeki. (Foto: magazine.job-like.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Allah SWT telah menjanjikan nikmat dan rezeki bagi manusia. Tentu saja, rezeki tersebut tidak datang begitu saja. Manusia perlu berusaha dan berdoa kepada-Nya untuk mendapatkannya.

Rezeki dan nikmat tersebut telah Allah sebar di muka bumi. Manusia perlu memahami hukum-hukum Allah atau sunnatullah untuk mendapatkannya.

Hukum-hukum tersebut ada yang tertulis dalam Alquran. Ada pula yang tidak tertulis atau berada secara tersirat di alam semesta. Untuk itu, manusia perlu mempelajari, memahami, dan menguaknya dengan ilmu pengetahuan yang benar.

Di dalam Alquran, terdapat berbagai ayat yang menjelaskan tentang sumber-sumber rezeki yang Allah berikan untuk manusia dari berbagai pintu. Berikut sumber-sumber rezeki tersebut, seperti dilansir dari dompetdhuafa.org, Jumat (30/10/2020).

1. Rezeki yang Telah Dijamin oleh Allah

Ilustrasi rezeki. (Foto: audubon.org)

Di dalam Alquran, Allah SWT berfirman, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS Hud: 6)

Di seluruh muka bumi ini Allah sudah memberikan banyak rezekinya kepada semua makhluk. Untuk itu, seharusnya tidak ada istilah manusia kekurangan atau kemiskinan.

Namun, kadang karena kezaliman, ketidakadilan, atau sistem yang rusak, sebagian orang akhirnya tidak mendapat kesejahteraan tersebut.

BACA JUGA  Belajar dari Rumah, Momen Penting Penguatan Relasi Anak dan Orang Tua

LEAVE A REPLY