Ilustrasi rem blong. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Banyaknya kasus kecelakaan yang diakibatkan rem blong kemungkinan dipicu oleh kelalaian sang pengemudi atau perusahaan transportasi yang tidak rutin memeriksakan kendaraan mereka.

Karena itu, wajib bagi pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan sebelum melakukan aktivitas, terutama pada sistem pengereman. Pengecekan ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam keselamatan berkendara.

Mengutip laman resmi Suzuki, Selasa (27/10/2020), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membagikan tips untuk mengetahui apakah rem kendaraan kita masih aman atau tidak.

1. Kekurangan Minyak Rem

Kurangnya minyak memang akan menyebabkan rem menjadi sulit untuk dikendalikan. Jika kekurangan minyak rem, maka mobil akan terus melaju dan sulit berhenti. Pastikan selalu minyak rem dalam keadaan yang cukup.

2. Faktor Uap Air

Faktor lain penyebab rem blong adalah masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang memunculkan uap air. Uap air dihasilkan dari proses oksidasi yang dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Lama kelamaan, uap air akan membuat minyak rem terasa panas.

Minyak rem yang sudah panas akan mengakibatkan gangguan pada sistem pengereman. Tekanan dari minyak rem menjadi turun dan rem tidak bisa berfungsi dengan baik.

3. Kualitas Minyak Rem

Ketika Anda membeli minyak rem, pastikan yang dibeli memiliki kualitas bagus. Jangan asal memilih karena dikhawatirkan produk tersebut sudah kadaluarsa. Menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk bisa memengaruhi suhu minyak rem dan akhirnya blong.

BACA JUGA  Kursi Roda untuk Ngadirah

LEAVE A REPLY