Webinar launching hotline emergency dhuafa (foto:zoom)

ZNEWS.ID, Ciputat – Dompet Dhuafa berperan aktif dalam melayani kesehatan kaum dhuafa sejak 2001. Melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), beragam program telah dilakukan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik terutama bagi dhuafa. Terlebih pada masa pandemi covid-19, Dompet Dhuafa terus berupaya melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mulai dari membuka pelayanan Hotline Crisis Center Cegah Tangkal (Cekal) Corona di awal masa pandemi, layanan psikososial, desinfeksi area publik, relawan kesehatan dan yang terbaru adalah program APDC (Aksi Peduli Dampak Corona) di bulan September 2020.

Hari ini (27/10) dalam rangka memperingati Hari Ikatan Dokter Indonesia, Dompet Dhuafa meluncurkan program HED atau Hotline Emergency Dhuafa. General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari, MKM, menerangkan bahwa kondisi terkini masyarakat Indonesia belum dapat dikatakan membaik, angka COVID19 masih terus meningkat walaupun pemerintah sudah melakukan berbagai upaya. Diluar permasalahan COVID19, masalah kesehatan lain masih menjadi tugas bersama dalam upaya penanganannya. HED diharapkan menjadi solusi bagi mereka yang tidak mampu untuk mendapatkan akses layanan kesehatan terbaik yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa.

“Hotline Emergency Dhuafa ini akan menjembatani kebutuhan layanan kesehatan, edukasi kesehatan, dan dapat memberikan informasi serta arahan rujukan kesehatan yang diperlukan oleh dhuafa. Sehingga keterbatasan akses layanan kesehatan akibat pandemi bisa diatasi dan mereka yang sakit dapat segera diberikan pertolongan kesehatan” jelas dr.Yeni.

Hotline Emergency Dhuafa ini merupakan pengembangan dari layanan Hotline Crisis Center Cekal Corona dan masih menggunakan nomor layanan yang sama yaitu 0811 1617 101. Dr. Yeni menjelaskan perbedaannya untuk HED memiliki cakupan layanan yang lebih luas yakni semua lini layanan program kesehatan Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di 11 Provinsi yang sudah memiliki Layanan Kesehatan Dompet Dhuafa. Kedepan secara bertahap, LKC akan mengembangkan HED di 32 provinsi yg ada cabang Dompet Dhuafa di wilayah tersebut.

BACA JUGA  RST Berinovasi dengan Layanan Medical Check Up On Site

Dalam implementasi nya dilapangan HED akan terkoneksi dengan jaringan rujukan yang sudah ada bekerjasama dengan Puskesmas, PSC 119, Dinas Kesehatan, dan juga Dinas Sosial.

Hotline Emergency Dhuafa berupaya hadir untuk melayani masyarakat dan terutama kaum dhuafa melalui layanan yang komprehensif serta mudah diakses. Masyarakat yang menghubungi hotline ini akan dilayani oleh Call Center, yang memiliki kompetensi kesehatan dan telah memiliki pengalaman di Hotline Cekal Corona sebelumnya.

Peluncuran HED ini juga sejalan dengan program APDC (Aksi Peduli Dampak Corona) yang memiliki kesamaan untuk memberikan pelayanan dan atau edukasi di masa-masa Covid-19. Di masa pandemi, HED bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan edukasi dan bantuan seputar kesehatan secara online.

Sosialisasi Hotline Emergency Dhuafa ini akan dilaksanakan secara massif melalui media sosial dan dengan bantuan para relawan dan kader LKC Dompet Dhuafa sehingga dapat diketahui dan dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

LEAVE A REPLY