Ilustrasi generasi kekinian. (Foto: flickr/@StateFarm)

Oleh: Zealandia Sarah (Penerima Manfaat Bakti Nusa 6 Yogyakarta)

“Setiap pemimpin memiliki masa, dan tiap masa ada pemimpinnya”

ZNEWS.ID JAKARTA – Tiap generasi memiliki kekhasannya sendiri, kekhasan yang dibentuk oleh zamannya. Karl Mannheim dalam essai yang ditulisnya pada 1923, “The Problem of Generations”, menjelaskan bahwa  sejarah, budaya, dan kondisi politik membentuk generasi muda pada waktu tersebut.

Menurut teori karl Mannheim atau biasa dikenal dengan Generation Theory terdapat 5 generasi yang lahir pascaperang dunia II; baby boomer, generasi X, generasi Y, generasi  Z, dan generasi Alpha. Tiap generasi tersebut memilki sifat dan kekhasan tersendiri yang terbentuk dari adanya perang dunia II, generasi di Indonesia pun tak luput dari efek perang dunia II ini.

Generasi baby boomer yang lahir pada 1946-1964 atau yang kira-kira saat ini berusia merupakan generasi awal setelah PD II berakhir, generasi yang  adaptif dengan banyak pengalaman hidup.

Generasi baby boomer di Indonesia lahir pascakemerdekaan, di mana masa-masa tersebut masih awal berdirinya bangsa ini. Mereka adalah saksi dan pelaku sejarah dari proses pembentukan awal negara ini, tentunya pengalaman melawan penjajah pascakemerdekaan seperti agresi militer dan konferensi Asia Afrika .

Generasi selanjutnya yaitu generasi X yang lahir pada 1965-1980 atau yang saat ini berusia 50-an sampai 36. Generasi X menjadi saksi sejarah masa-masa labil pemerintahan, di mana beberapa peristiwa besar terjadi di saat mereka remaja. Salah satunya krisis moneter pada zaman pemerintahan Soeharto yang berakhir pada penggulingan kekuasaannya selama 30 tahun.

Generasi Y yang lahir pada tahun 1981-1994 atau biasa disebut generasi milenial menjadi generasi awal penggunaan internet. Generasi inilah yang saat ini masuk usia produktif di Indonesia. Generasi yang mengalami awal globaliasi ini mulai merasakan bounderless antarnegara. Perkembangan internet yang mampu melewati batas antarnegara menjadi pemicunya.

BACA JUGA  Gen Z vs Guru Abad 21

Generasi Z atau yang lahir pada tahun 1995 hingga 2010, di mana berusia awal 20an dan bangku sekolah menjadi generasi yang sudah kenal dengan internet. Bahkan terdapat ungkapan untuk menandakan generasi gawai ini “generasi menunduk” di mana setiap saat yang dipegang adalah gawai berkoneksi internet.

LEAVE A REPLY