Penandatanganan nota kesepakatan program Layanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) oleh dr Hj Corah Usman MARS, Direktur RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang, dan Ahmad Shonhaji MM, Direktur Budaya, Dakwah, dan Pemerdayaan Masyarakat (BDPM) Dompet Dhuafa di ruang Rapat Gedung Utama Lt 3, Ruang Aulaserbaguna RSUD Pakuhaji, Kamis (15/10/2020). (Foto: LPM DD)

ZNEWS.ID TANGERANG — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pakuhaji, Tangerang, Banten, menjalin kerja sama dengan Dompet Dhuafa dalam program Layanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP). Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh dr Hj Corah Usman MARS, selaku Direktur RSUD Pakuhaji KabupatenTangerang, dan Ahmad Shonhaji MM, selaku Direktur Budaya, Dakwah, dan Pemerdayaan Masyarakat (BDPM) Dompet Dhuafa.

Usai penandatanganan nota kesepakatan, kegiatan yang berlangsung pada Kamis (15/10/2020), di ruang Rapat Gedung Utama Lt 3, Ruang Aulaserbaguna RSUD Pakuhaji, dilanjutkan dengan kegiatan training Urgensitas Bimbingan Spiritual dan Sakit Praktis bagi 25 tenaga kesehatan.

Ahmad Shonhaji menuturkan bahwa pelayanan bimbingan rohani (bimroh) sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien melalui pendekatan aspek spiritual. Tujuannya, memberikan ketenangan dan kesejukan hati melalui dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, bertawakal atas ujian yang dialami, dan senantiasa menjalankan kewajiban ibadahnya.

“Bimbingan tersebut merupakan bagian integral dari bentuk pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan biopsycho socio spiritual. Sinergitas layanan bimbingan rohani yang terjalin antara RSUD Pakuhaji dan Dompet Dhuafa merupakan wujud siniergitas mutualisme yang berorientasi kepada pelayanan bagi pasien dalam pemenuhan kebutuhan spiritual. Semoga sinergi ini bisa memberikan manfaat dan maslahat untuk kita semua,” ujar pria yang akrab disapa Ustaz Shon ini.

Pelatihan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) Bagi Tenaga Kesehatan RSUD Pakuhaji. (Foto: LPM DD)

Kerja sama yang terjalin antara Dompet Dhuafa dan RSUD Pakuhaji antara lain pelayanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP), training, dan kajian Islam tematik bagi tenaga medis.

Sementara itu, dr Hj Corah Usman MARS, menyampaikan bahwa pelayanan bimbingan saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi pasien dalam proses penyembuhan dan menuntun kepada mereka untuk tetap menjalankan ibadah . Apalagi, sekarang layanan bimroh (bimbingan rohani) menjadi aspek penilaian akreditas rumah sakit dan hak pasien yang wajib dipenuhi oleh pihak rumah sakit.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Luncurkan Mobile Swab Test, Bisa Drive Thru dan Home Visit

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dompet Dhuafa yang berkenan menjalin sinergitas. Semoga banyak memberikan manfaat,” katanya.

Bimbingan Rohani Pasien Dompet Dhuafa sendiri telah terlaksana sejak 2005 dengan bermitra bersama sejumlah Rumah Sakit. Di antaranya, RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Kota Depok, dan beberapa Yayasan Rehabilitasi Ganguan Kejiwaan dan Mental di Bekasi. (LPM DD)

Oleh: Adi Zubed

LEAVE A REPLY