Ilustrasi vaksin Corona (Foto: ANTARA/REUTERS / Dado Ruvic)

ZNEWS.ID JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengungkapkan sejumlah informasi yang harus masyarakat tahu mengenai vaksin Corona. Sehingga, tidak ada celah disinformasi atau hoaks yang beredar lalu menjadi polemik.

Johnny mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan sosialisasi perihal tersebut secara jelas dan baik kepada masyarakat. Hal ini, kata dia, penting. Karena, ada beberapa masalah yang betul-betul krusial terkait vaksin dan harus menjadi perhatian seluruh pihak.

Pertama, mengenai jumlah vaksin yang tersedia. Johnny menegaskan, akan sulit melakukan vaksinasi pada seluruh masyarakat sekaligus karena distribusi vaksin sebenarnya dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia akan mendapatkan suntikan vaksin Corona. Sementara, Indonesia sendiri memerlukan vaksin Corona sebanyak 340 juta dosis dalam kurun waktu setahun.

Lebih lanjut, informasi lain yang perlu masyarakat tahu yakni sertifikasi medis dan label halal vaksin. Menurut Johnny, saat ini pemerintah melalui MUI, BPOM, dan WHO sudah menempuh tahapan yang seharusnya dilakukan. Masyarakat harus tahu bahwa semua tahapan tersebut sudah dilakukan.

Terkait sertifikat halal vaksin, saat ini MUI ikut terlibat aktif di dalamnya. MUI akan mengeluarkan fatwa mengenai hal ini. Dan, melalui fatwa terkait itu, jangan sampai menjadi polemik.

“Juga, harga vaksin, supply, dan demand vaksin, jangan sampai vaksinasi menjadi persoalan di luar dari tujuan kesehatan itu sendiri,” ujar Johnny.

BACA JUGA  Relawan DD Sumsel Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

LEAVE A REPLY