Ilustrasi sedekah. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dalam Islam, sedekah salah satu ajaran yang harus dilakukan. Sedekah memiliki banyak sekali keutamaan bagi hidup di dunia (sebagai magnet rezeki) dan juga di akhirat. Tidak selalu materi, sedekah juga bisa dilakukan dengan modal apapun sesuai yang kita miliki.

Terlepas dari kaya atau miskin, sebagai umat Islam, kita wajib untuk mengeluarkan harta di jalan Allah. Maha Baik-Nya Allah, tidak pernah membatasi sedekah kita. Besar atau kecil, Allah akan balas dengan pahala.

Seperti yang disampaikan dalam QS Al-Zalzalah ayat 7-8, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula”.

Artinya, sedekah kita, sekecil dan dalam bentuk apapun itu asalkan dengan niat dan tujuan kebaikan, maka Allah akan membalas dengan kebaikan atau pahala yang setimpal. Dan, Allah dengan Maha Adilnya, tidak menilai hanya dari besarnya pemberian kita, tetapi juga bagaimana kualitas ibadah kita.

Hal ini juga seperti yang disampaikan dalam hadis, “Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham’. Lalu ada yang bertanya, ‘Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?’ Beliau jelaskan, ‘Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan’.” (HR An-Nasai dan Imam Ahmad)

Termasuk, saat kita berusaha untuk tetap bersedekah walaupun dalam kondisi sulit dan kekurangan. Dalam kondisi lapang, mungkin mudah bagi kita untuk bersedekah. Namun, dalam kondisi susah, mampukah kita menjalaninya?

Melansir laman dompetdhuafa.org, Sabtu (17/10/2020), dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya sedekah mana yang paling afdal. Lalu, dijelaskan dalam hadis berikut, “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR An-Nasai)

BACA JUGA  Dosa Gibah Sangat Keji

LEAVE A REPLY