Sinergi Dompet Dhuafa dan PT Paragon di sektor ekonomi lewat program Pemberdayaan Jamur Batang di Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (Foto: Dompet Dhuafa/Muthohar)

ZNEWS.ID BATANG – Dampak pandemi Corona telah membuat roda ekonomi berjalan lambat dan sangat berimbas bagi perekonomian masyarakat kecil. Termasuk, bagi masyarakat Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Program Budidaya Jamur Tiram Putih milik Dompet Dhuafa di desa tersebut, yang telah diluncurkan pada September 2019 lalu, menjadi salah satu solusi bagi masyarakat di sana.

Melihat pandemi yang tak kunjung usai, Dompet Dhuafa terus berupaya meningkatkan seluruh program-program pemberdayaannya, termasuk budidaya jamur Batang.

Berkat sinergi dan dukungan dari PT Paragon, melalui program budidaya tersebut, ibu-ibu yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan, juga yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi, kini terbantu dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

Sinergi Dompet Dhuafa dan PT Paragon di sektor ekonomi lewat program Pemberdayaan Jamur Batang di Desa Kumesu, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (Foto: Dompet Dhuafa/Muthohar)

“Program Budidaya Jamur Tiram Putih di Batang ini diperuntukkan untuk ibu-ibu rumah tangga, janda, dan usia lanjut yang memiliki potensi untuk mengelolanya. Dengan adanya program ini, ibu-ibu yang tadinya tidak mempunyai pekerjaan, yang nganggur di rumah, kini dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan, yang pentingnya lagi, menjadi lebih produktif,” terang Saddam Bustomi, Tim Resource Mobilization Dompet Dhuafa, saat mengunjungi kawasan budidaya jamur Batang, Jumat (9/10/2020).

Saddam menjelaskan, tahap awal pemberdayaan yang dilakukan Dompet Dhuafa adalah memfasilitasi modal usaha berupa kumbung dan baglog sebagai media tanam untuk budidaya jamur.

Setelahnya, ibu-ibu yang menjadi penerima manfaat program ini diberikan pendampingan serta edukasi cara pengelolaan jamur. Mulai sejak perawatan baglog hingga proses panen. Sehingga, akan menghasilkan panen yang diharapkan serta terhindar dari hama.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Bersama LinkAja, Telkomsel dan Jasa Marga Bantu Ratusan Anak Yatim

LEAVE A REPLY