Ilustrasi berbagi. (Foto: DD Yogyakarta)

ZNEWS.ID JAKARTA – Berbagi adalah dorongan naluriah setiap manusia sebagai makhluk sosial. Tanpa diminta, kita pasti akan sedih atau merasa empati saat ada orang lain yang memiliki kesulitan hidup. Entah itu masalah finansial, pendidikan, keluarga, atau hal-hal lainnya.

Sebenarnya, berbagi itu mudah. Tapi, terkadang juga sulit untuk dilakukan. Biasanya, ego mengekang kita untuk memberikan atau melakukan sesuatu untuk orang lain. Perhitungannya atas dasar untung rugi atau kita tidak mau kehilangan apa yang dimiliki.

Belum lagi, di masyarakat modern, khususnya masyarakat urban, sikap individual juga menjadi kultur atau kebiasaan. Kita dihantam dengan kompetisi, kerasnya pertarungan hidup antarkelas, dan berbagai macam tantangan lainnya. Terkadang, ini yang membuat kita jadi sulit untuk berempati dan mau berbagi dengan ikhlas.

Berikut 5 cara melatih kepekaan diri agar kita gemar berbagi kepada orang lain, seperti dilansir dari laman dompetdhuafa.org, Kamis (15/10/2020).

1. Berbagi Tanpa Menunggu Banyak Rezeki

Ilustrasi berbagi. (Foto: DD Yogyakarta)

Konsep banyak rezeki sebenarnya adalah konsep yang sangat bias. Kita tidak pernah tahu kapan dan apa standartnya seseorang dikatakan banyak rezeki. Orang-orang yang dianggap oleh dunia sebagai orang terkaya pun kadang masih merasa dirinya belum begitu kaya. Ini menunjukkan bahwa manusia sampai kapanpun tidak akan pernah puas dan tidak akan pernah berada pada titik pencapaian.

Cobalah untuk berbagi saat memiliki rezeki. Sedikit atau banyak, tidak perlu dikhawatirkan. Allah tidak pernah menilai sedekah atau sikap berbagi seseorang dari banyak atau sedikitnya. Terkadang, yang sedikit di mata kita sangat berarti di mata orang lain. Tentu balasan dari Allah pun akan berkali lipat.

Misalnya, kalau kamu memiliki gaji bulanan, sisihkan sedikitnya untuk berbagi pada orang lain yang membutuhkan. Atau, jika kamu seorang freelancer dan mendapat fee yang cair dari seorang klien, jangan lupa sisihkan juga sebagiannya untuk bersedekah.

BACA JUGA  DD Salurkan Paket Sembako ke Puluhan Guru Ngaji

LEAVE A REPLY