Ilustrasi menjaga kelestarian lingkungan. (Foto: pesona.travel)

ZNEWS.ID JAKARTA – Peduli terhadap lingkungan adalah salah satu hal yang diajarkan oleh Islam. Bumi yang kita tempati saat ini adalah nikmat dan rezeki yang Allah titipkan kepada manusia dan harus dijaga.

Hingga saat ini belum ada lagi tempat atau planet yang layak untuk manusia huni selain di bumi. Untuk itu, menjaga lingkungan tempat kita tinggal bukan saja menjadi kewajiban, melainkan kebutuhan bagi seluruh manusia yang tinggal di dalamnya.

Sayangnya, sering kali kita lalai dan lupa untuk menjaga bumi tempat kita tinggal ini. Menebang pohon sembarangan, membuang sampah sembarangan, membangun industri yang malah berefek buruk pada kehidupan di bumi, hingga ke penggunaan bahan-bahan yang merusak habitat.

Banyak sekali disebutkan dalam Alquran bahwa bumi ini diciptakan untuk manusia. Adanya hewan, tumbuhan, alam semesta semata-mata Allah ciptakan untuk keseimbangan hidup manusia. Ada yang bisa dimakan dan ada oksigen yang bisa dihirup. Semuanya bertujuan agar manusia dapat beraktivitas, beramal kebaikan, bersyukur, dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ayat-Ayat Alquran tentang Lingkungan

Ada banyak sekali peringatan dari Allah SWT agar manusia peduli lingkungan dan tidak berbuat kerusakan di dalamnya. Untuk itu, mari kita telisik satu per satu ayat-ayat Alquran yang berkenaan dengan lingkungan agar kita terus berpikir dan merenung apa yang sudah kita lakukan terhadap lingkungan hingga saat ini.

Jagalah Nikmat Allah yang Ada di Bumi

Dilansir dari dompetdhuafa.org, Rabu (13/10/2020), dalam QS Al-Baqarah ayat 60, telah Allah sebutkan dari kisah Nabi Musa yang pernah kekurangan air. Dari kisah tersebut kita bisa mengetahui bahwa Allah memberikan nikmat kepada kita sangat banyak. Tapi, manusia sering kali lalai dan lupa akan hal tersebut. Dalam ayat ini, Allah memperingati manusia agar tidak hidup di bumi dengan berbuat kerusakan.

BACA JUGA  DMC Dompet Dhuafa Bagikan Ratusan Alquran untuk Anak-Anak Masamba

“Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: ‘Pukullah batu itu dengan tongkatmu,’ lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.” (QS Al-Baqarah: 60)

LEAVE A REPLY