Tina Talisa. (Foto: instagram.com/tina_talisa)

ZNEWS.ID HONG KONG – Setiap orang bisa berbicara, namun tidak semua orang bisa berpidato. Dan, kebanyakan orang sukses memiliki kesamaan, yaitu mereka bisa berpidato.

Hal itu disampaikan mantan presenter televisi swasta nasional, Tina Talisa, saat menjadi pembicara di acara workshop online bertajuk Terampil Berbicara di Depan Umum yang diadakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, Minggu (11/10/2020).

“Bisa berpidato hebat tidak membutuhkan bakat. Itu adalah hasil dari pembelajaran,” ujarnya.

Para pembicara profesional, kata Tina, tidak mencoba berbicara seperti orang lain. Mereka juga tidak memberikan pidato tanpa persiapan.

8 Langkah Hebat Berpidato

Pada kesempatan itu Tina menyampaikan 8 langkah untuk bisa berpidato dengan hebat. Yaitu, kendalikan demam panggung Anda, pilih subjek Anda, kumpulkan ide dan informasi Anda, serta atur materi pidato Anda.

Langkah lainnya, rencanakan awal pidato Anda, rencanakan akhir pidato Anda, latih pidato Anda, dan presentasikan pidato Anda.

Seseorang bisa menjadi terlihat andal saat berpidato, dengan cara menyadari bahwa dirinya tidaklah sendiri, memperbanyak pengalaman untuk mengikis demam panggung, dan meyakini bahwa penonton ada untuk mendengarkan dirinya.

LEAVE A REPLY