Ilustrasi mencuci tangan. (Foto: Envatoelements/Chalabala)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter Spesialis Paru/Konsultan Intensivist dan Gawat Napas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, dr Dewiyana Andari Kusmana SpP (K), mengungkapkan bahwa 80 persen dari seluruh pasien positif Covid-19, tanpa gejala alias orang tanpa gejala (OTG). Pasien OTG ini, kata Dewiyana, mudah disembuhkan dengan makan, minum, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Dewiyana juga mengingatkan agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan 3M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Langkah ini, kata dia, menjadi hal utama dalam pencegahan virus corona.

Dokter yang sudah menangani pasien Covid-19 sejak Maret sampai sekarang itu juga memberikan tips empat langkah mencuci tangan yang benar.

Pertama, telapak tangan yang sudah ditetesi sabun digosok dengan cara memutar sebanyak empat kali. Gerakan memutar itu bertujuan agar sabun di telapak tangan menyapu seluruh permukaan tangan hingga bersih.

Kedua, bersihkan punggung tangan dengan gerakan turun naik agar kuman di bagian punggung tersebut hilang.

Ketiga, sela-sela jari tangan dikatupkan lalu gosokkan agar kuman yang terselip di bagian lipatan ini bisa hilang. Setelah itu, diputar dan digenggam.

BACA JUGA  Cekal Corona, DD Yogyakarta bersama Komunitas Bagikan APD ke Rumah Sakit

LEAVE A REPLY