Ilustrasi imunisasi. (Foto: Antara)

ZNEWS.ID JAKARTA – Di masa pandemi saat ini, ada sebagian orang tua  yang ragu dan khawatir mengimunisasikan anaknya. Perlu diingat,  mendapatkan vaksinasi adalah hak anak.

Communication for Development Specialist UNICEF Indonesia, Rizky Ika Syafitri, mengatakan bahwa imunisasi merupakan hak anak dan pemerintah juga menyediakan fasilitas ini secara gratis.

“Komitmen pemerintah luar biasa sekali untuk program imunisasi ini. Ini adalah hak (anak) dan tolong dimanfaatkan,” katanya dalam Webinar KPCPEN bertema Cari Tahu Tentang Vaksin Yuk! Jumat (2/10/2020).

Menurut Rizky, banyak sekali penyakit di luar sana yang bisa dicegah melalui imunisasi. Vaksinnya tersedia dan gratis.

“Pastikan anak tetap mendapatkan imunisasi di masa pandemi. Jangan sampai kita mengalami double wabah. Bisa saja karena cakupan imunisasi turun, orang-orang tidak mengimunisasikan anaknya,” ujarnya.

Ketika orang tua absen memberikan imunisasi kepada anaknya, Rizky mengatakan, anak-anak rentan terjangkit sejumlah penyakit misalnya difteri, polio, dan campak. Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan kesakitan, kecacatan, hingga kematian.

Hal senada juga disampaikan oleh dr Endah Citraresmi SpA(K) MARS dari Yayasan Orang Tua Peduli. Dia menekankan pentingnya orang tua untuk memberikan vaksin kepada anak-anaknya sesuai jadwal.

“Sekarang sudah banyak layanan kesehatan yang memisahkan layanan anak sakit dengan anak sehat. Sehingga, orang tua bisa memilih tempat vaksin yang terdekat dan sesuai dengan pilihannya,” ujar Endah.

BACA JUGA  UNICEF Pesan 200 Juta Vaksin Polio Buatan Indonesia

LEAVE A REPLY