Desa Mbuang-Mbuang. (Foto: Instagram budoarto_r_sualang)

ZNEWS.ID JAKARTA – Desa di salah satu sudut Indonesia bagian tengah ini memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Ditambah, kecantikan pantai berpasir putih halus dengan air laut biru nan jernih.

Namanya Desa Mbuang-Mbuang. Kawasan terpencil, tertinggal, dan terluar (3T). Letaknya di Pulau Salue Kecil, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Luasnya hanya 725,67 kilometer persegi (km2). Dikenal sebagai kabupaten maritim di Sulawesi Tengah karena sebesar 85 persen luas wilayahnya terdiri dari perairan. Kaya akan hasil laut bernilai tinggi seperti lobster, gurita, ikan cakalang, kakap, kerapu, dan budi daya rumput laut.

Sebagian besar wilayah Desa Mbuang-Mbuang adalah perairan laut lepas berair biru jernih. Berombak sedang dan dikelilingi beberapa pulau karst tak berpenghuni. Luas daratan Mbuang-Mbuang sekitar 200 hektare dan didiami oleh 100 kepala keluarga atau sekitar 500 orang.

Keindahan Desa Mbuang-Mbuang. (Foto: Instagram budoarto_r_sualang)

Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan dan menerima layanan carter perahu wisata serta pemandu wisata di waktu senggang. Mereka juga membuka pintu rumahnya untuk dijadikan homestay.

Terdapat beberapa pantai berpasir putih halus membentang di sekitar Mbuang-Mbuang. Seperti Pantai Pasir Panjang, Pantai Kalambina dengan karang timbulnya saat air laut menyusut, dan Pantai Pingo dengan gugus terumbu karangnya tak jauh dari bibir pantai. Ada pula Pulau Lampu, sebutan masyarakat setempat bagi Pulau Pepelan karena terdapat bangunan mercusuar.

Untuk mencapai pantai-pantai ini dapat memakai perahu nelayan dengan lama perjalanan 20 menit. Begitu jernihnya air laut di sekitar kawasan pantai-pantai ini membuat seolah-olah perahu yang kita tumpangi seperti melayang atau berlayar di atas cermin.

BACA JUGA  DD Waspada Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Desa Jaring Halus

LEAVE A REPLY