Edy Fajar Prasetyo, Founder Eco Business Indonesia (EBI). (Foto: Instagram Eco Business Indonesia/ebi_bag)

ZNEWS.ID BOGOR – Youth Inspiraction Camp (YIC) 2020 helat Inspiraction Community sebagai rangkaian acara peningkatan kapasitas penerima manfaat Etos ID, Pada Minggu (20/9/2020). Salah satu kluster dari Inspiraction Community adalah Sociopreneurship yang diisi oleh Edy Fajar Prasetyo, Founder Eco Business Indonesia (EBI).

Komunitas yang dirintis sejak 2013 ini berfokus pada pemanfaatan sampah dan waste material menjadi aneka kerajinan ramah lingkungan meliputi tas, dompet, lukisan karikatur wajah, dan aneka suvenir. Selain itu, EBI juga melakukan intervensi sosial ke ranah pendidikan dengan program Cerdas Luar Biasa Kreatif (CLBK).

Serta, bekerja sama dengan banyak komunitas untuk memberdayakan masyarakat seperti ibu-ibu rumah tangga agar mempunyai keterampilan dan kegiatan produktif.

Dalam kluster Sociopreneurship ini, Edy memberikan tips membangun komunitas yang bergerak di sociopreneurship kepada penerima manfaat Etos ID.

“Saya ingin nantinya YIC 2020 mampu menciptakan pemuda-pemuda yang menginspirasi dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar melalui sociopreneurship,” kata Edy.

Harapannya, cara berpikir penerima manfaat Etos ID lebih terbuka seputar pengelolaan sampah dan juga terhadap permasalahan sosial dengan memberikan solusi.

“Teruslah berkarya meski banyak yang mencerca, ubah sengsara, ubah terpaan jadi masa depan,  karena kesuksesan hidup berawal dari kegigihan bukan keluhan,” pesan Edy menutup Inspiraction Community. (etos-id.net)

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Solusi bagi Pelaku Bisnis Startup untuk Survive di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY