Dompet Dhuafa Waspada menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Kamis (24/9/2020). (Foto: DD Waspada)

ZNEWS.ID LANGKAT – Dompet Dhuafa (DD) Waspada menyalurkan bantuan untuk warga Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Kamis (24/9/2020). Sebelumnya pada Senin (21/9/2020), sebanyak lima rumah warga desa Jaring Halus terbakar.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Secanggang, Usman, kebakaran bermula dari rumah salah seorang warga bernama Yahya.

“Kebakaran awalnya itu dari rumah Pak Yahya. Dari rumah Pak Yahya ini terjadi korsleting listrik dan terjadilah kebakaran yang menyambar ke rumah lainnya,” terangnya.

Usman menjelaskan, agar kebakaran tidak menyambar ke rumah lainnya, warga berinisiatif menghancurkan salah satu rumah warga bernama Sabariah

“Jadi, pada saat kebakaran, warga menghancurkan salah satu rumah yaitu rumah Ibu Sabariah dengan maksud agar terputus apinya disitu tidak menyambar lagi ke rumah lainnya. Karena, rumah di sini sebagian besar papan dan mudah sekali terbakar,” jelasnya.

Beruntung hal yang dilakukan oleh warga ini berhasil. Sehingga, total rumah warga yang terbakar tidak terlalu banyak. Namun, meski demikian, Usman mengatakan bahwa kerugian yang diterima akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta.

“Dari lima rumah yang terbakar, kerugiannya cukup besar, mencapai ratusan juta. Sebab, di dekat dua rumah yang terbakar parah itu terdapat kapal dan ada warungnya,” ucapnya.

BACA JUGA  DD Waspada Adakan Pelatihan Ketahanan Pangan untuk Sesama Lembaga ZISWAF

LEAVE A REPLY