Forum Anak Laskar Pelangi (FAKSI) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang beranggotakan para milenial dan kalangan pelajar, menggelar “operasi semut” dengan menyisir dan membersihkan sampah yang berserakan pada sejumlah objek wisata, Senin (21/9/2020). (Foto: ANTARA/Ahmadi)

ZNEWS.ID BELITUNG TIMUR – Forum Anak Laskar Pelangi (FAKSI) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang beranggotakan para milenial dan kalangan pelajar, menggelar “operasi semut” dengan menyisir dan membersihkan sampah yang berserakan pada sejumlah objek wisata.

“Kita sisir kawasan wisata, terutama objek wisata pantai, semua sampah dibersihkan sehingga lingkungan menjadi bersih dan rapi,” kata Ketua FAKSI Kabupaten Belitung Timur, Ahmad Fathurrohman di Manggar, Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur, Senin (21/9/2020).

Ahmad menjelaskan, aksi “operasi semut” digelar dengan menggandeng Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur.

“Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk sadar kebersihan dan sadar lingkungan, terutama di kawasan wisata karena Belitung Timur merupakan daerah tujuan wisata,” ujarnya.

Menurut Ahmad, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih rendah kendati pemerintah daerah sudah menyiapkan berbagai fasilitas atau tempat pembuangan sampah.

“Kami membantu pemerintah daerah dalam mengampanyekan sadar lingkungan dan peduli terhadap kebersihan,” ujarnya.

Menurut dia, penataan lingkungan dan kawasan objek wisata sangat tergantung dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan alam.

“Sebagai daerah tujuan wisata, tentu kebersihan lingkungan bagian dari citra pariwisata dan mampu membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama di kawasan wisata,” ujar Ahmad.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

LEAVE A REPLY