Ilustrasi. (Foto: youlead.id)

Oleh: Sugih Satrio Wibowo

ZNEWS.ID JAKARTA – Mengelola adik asuh seperti berjalannya kampus, tempat belajar dari sumber ilmu. Begitulah mentor, seharusnya menjadi sumber pengetahuan bagi adik asuhnya. Tahap ini merupakan proses persiapan dari invasi ilmu pengetahuan yang bertujuan menstimulasi determinasi adik asuh.

Determinasi itu seperti bahan bakar, sekali tersulut pergerakannya akan terakselerasi. Penting bagi seorang mentor untuk menganalisis tujuan dan arah gerak adik asuhnya. Lihat bagaimana dia berbicara dan berpikir, berikan asupan ilmu saat pertemuan yang kiranya bisa menyulutkan idenya. Ingat, adik asuh datang dalam pertemuan karena merasa haus. Maka, jadilah sumber air yang tak pernah habis.

Wisnutama pernah berkata dalam sesi diskusi, katanya, kita harus memperlakukan karyawan seperti kita ingin diperlakukan. Saya rasa kita semua pernah mempunyai mentor bahkan sampai saat ini, dan tentu kita pernah mendapatkan treatment darinya.

Pelajarilah, apakah input yang diberikan berhasil membuat kita termotivasi atau malah demotivasi. Pahamilah bahwa ketika berhadapan dengan adik asuh maka letakkan posisi pikiran pada dirinya yang ingin berkembang.

Poin pentingnya adalah treatment yang tepat. Ketika berbicara treatment, ini bukan soal komunikasi personal dan kelompok saja, juga bukan hanya sekadar direksi, ini soal mendengar yang juga menjadi bagian dari treatment yang tepat.

Setelah tahap persiapan, semakin berjalannya waktu, tentu saja jika hanya satu arah dalam artian hanya mendengar dan mendapatkan input, tidak akan efektif. Tingkatkan levelnya, dengan memberikan tantangan.

Pada tahap awal tadi, seorang mentor sudah menganalisis potensi dan minat adik asuh, setelah diberikan asupan awal dan hasilnya positif, terlihat dari respons saat berdiskusi dan menanggapi studi kasus, maka tantang dia untuk berbuat lebih. Intruksikan agar bisa menghasilkan sebuah karya, lewat medium apapun. Sehingga, pada saat pertemuan berikutnya, list of goals-nya bertambah, yaitu evaluasi karya adik asuh.

BACA JUGA  Konsep Hunian Minimalis dan Multifungsi Tetap Jadi Tren di 2021

LEAVE A REPLY