Rengginang. (Foto: instagram.com/_ekaismaya)

ZNEWS.ID JAKARTA – Rengginang merupakan salah satu penganan “legendaris” di Jawa Barat,  juga di sejumlah daerah lainnya, meskipun memiliki nama berbeda. Kudapan tradisional ini terbuat dari beras ketan yang diolah dengan racikan sederhana.

Hasil olahan itu membuat rengginang menjadi makanan yang tahan lama dan salah satu camilan andalan. Terlebih saat ada kegiatan masyarakat di daerah, sebagai sajian wajib yang disajikan di dalam toples.

Di Jawa Barat, rengginang selalu ada di setiap pesta sebagai hidangan bagi tamu. Dan, selalu tersedia di rumah-rumah penduduk untuk sajian bila ada tamu yang berkunjung.

Secara umum, rengginang yang dimasak dengan digoreng ini warnanya putih. Penganan ini akan mengembang saat digoreng. Sehingga, renyah saat disantap.

Anak-anak muda sekarang mungkin tidak banyak yang bisa membuat rengginang. Sebagian besar pembuatnya adalah  orang tua. Resep sederhananya pun turun-temurun tanpa ada yang mencatatnya.

Cara pembuatan rengginang juga tidak mudah. Bahannya adalah beras ketan putih, garam, terasi, dan sedikit daun pandan wangi untuk menambah aroma.

Untuk rengginang konvensional, beras ketan itu dibersihkan seperti biasa, kemudian ditanak hingga matang. Selanjutnya, dicampur dengan sedikit terasi dan sedikit cairan daun pandan wangi hingga merata.

LEAVE A REPLY