Corp Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) melepas Ustaz M Angga Prasetija, Dai Pemberdaya yang akan melakukan dakwah di daerah pedalaman Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, tepatnya Dusun Tubeket. (Foto: Cordofa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Corp Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) melepas Ustaz M Angga Prasetija, Dai Pemberdaya yang akan melakukan dakwah di daerah pedalaman Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Tepatnya di Dusun Tubeket.

Pelepasan Dai Pemberdaya dilakukan oleh Koordinator Dakwah Dompet Dhuafa Singgalang, Amru, dan disaksikan oleh Kepala Dusun Tubeket, Agus, serta Kepala Koperasi STF Mentawai, Tarigan.

Dai asal Blitar, Jawa Timur itu bertolak melalui Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Internasional Minangkabau padang, Senin (14/9/2020). Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Sikakap, lokasi Dusun Tubeket berada.

Dusun Tubeket dapat dicapai setelah menempuh waktu sekitar 12-15 jam mengarungi Samudera Hindia. Kondisi geografis daerahnya masih pekat dengan adat budaya dari suku asli pedalaman.

Sistem kepercayaan Mentawai yang didominasi paham animisme masih membayang-bayangi Islam di Desa Tubeket.

Menurut Ahmad Pranggono, Senior Officer Dakwah Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), program ini memiliki ciri khas dakwah pemberdayaan.

Seorang dai, kata pria yang akrab disapa Ustaz Shon ini, tidak hanya sekadar mengajar mengaji, tapi juga harus mampu mendorong masyarakat lebih maju. Baik dari aspek ekonomi, pendidikannya, kesehatan, dan lainnya.

“Dai Pemberdaya Dompet Dhuafa mengemban misi dakwah pemberdaya yang berbasis sociotecnopreneurship. Masyarakat tak hanya akan dibina secara spiritual, namun juga pembekalan dalam berwirausaha, ekonomi, pendidikan, hingga pembenahan tatanan dusun, serta sumber daya lokal,” tuturnya. *

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Dai Tapal Batas Cordofa Bagikan Parcel Ramadan untuk Guru Ngaji

LEAVE A REPLY