Dompet Dhuafa Kalimantan Timur dan Baituzzakah Pertamina (Bazma) meluncurkan program Ketahanan Pangan bernama Prakarsa (Petani Berkarya Membangun Desa Sejahtera). (Foto: DD Kaltim)

ZNEWS.ID KUTAI KARTANEGARA – Dompet Dhuafa Kalimantan Timur dan Baituzzakah Pertamina (Bazma) meluncurkan program Ketahanan Pangan bernama Prakarsa (Petani Berkarya Membangun Desa Sejahtera). Kegiatan digelar di Jl. Soekarno Hatta KM 28, Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (12/9/2020).

Dengan sebutan nama Prakarsa, Dompet Dhuafa dan Bazma berupaya mengajak kembali para petani yang berada di wilayah pedesaan (rural) agar menjadi bagian yang dapat memprakarsai dalam upaya optimalisasi lahan yang tidak terpakai. Sehingga, perekenomian mereka tetap berjalan.

Ketika perekonomian perkotaan dan akses orang-orang terhadap kebutuhan pangan terbatas, para petani dapat menjadi bagian kebaikan untuk wilayah urban dan sekelilingnya.

“Dengan luas lahan 3.400 meter persegi, nantinya akan ada penanaman berbagai jenis sayur-sayuran seperti seledri, sawi, dan sejenisnya,” kata Agun Gunawan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Kaltim, dalam sambutannya.

Dompet Dhuafa Kaltim dan Bazma Luncurkan Program Ketahanan Pangan Prakarsa

Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang sangat luar biasa, tidak hanya dari segi kesehatan, tapi juga menghantam sektor ekonomi masyarakat.

Akibat pandemi ini, banyak usaha yang harus mengurangi produksi. Bahkan tidak sedikit yang sampai menghentikan produksi usahanya. Hal tersebut tentu berdampak pada perusahaan sehingga terpaksa melakukan PHK.

“Atas dasar hal tersebut, Dompet Dhuafa Kaltim bersama Bazma RU V Balikpapan menginisiasi program ini. Agar, masyarakat bisa terus bertahan di tengah pandemi yang entah kapan akan berakhir ini,” tuturnya.

BACA JUGA  Suara Anak Indonesia: Lindungi Kami, Tolong Patuhi Protokol Kesehatan

LEAVE A REPLY