Dompet Dhuafa Riau bersama warga mendirikan masjid di Desa Sungai Ekok. (Foto: DD Riau)

ZNEWS.ID INDRAGIRI HULU – Desa Sungai Ekok merupakan pemekaran dari Desa Talang Durian Cacar. Desa yang terletak di pedalaman ini terdiri dari tiga dusun. Dan, termasuk desa terkecil dari 19 desa di Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Desa Sungai Ekok terdapat pada areal Dusun Maya-Maya. Mempunyai penduduk sekitar 60 Kepala Keluarga (KK), dengan rincian 40 KK menganut kepercayaan animisme dan 20 KK lagi memeluk Islam ‘langkah lama’.

Desa tersebut belum memiliki tempat ibadah seperti masjid atau musala. Sehingga, penduduk muslim di sana kesulitan melakukan ibadah salat berjamaah ataupun kegiatan ibadah lainnya.

Dompet Dhuafa Riau bersama warga mendirikan masjid di Desa Sungai Ekok. (Foto: DD Riau)

Selama ini, dalam menjalankan ibadah salat Jumat, salat tarawih, dan salat Hari Raya, warga harus ke Masjid di Desa Talang Durian Cacar. Jarak tempuhnya sekitar 6 km dengan kondisi jalan rusak, licin, dan berlumpur saat hujan. Sistem penerangan di sana juga belum terealisasi dengan sempurna.

“Kami merindukan suara pengajian di desa setiap hari,” ulkata Eko, salah satu warga Desa Sungai Ekok.

Bersama warga muslim Desa Sungai Ekok, Eko berupaya mendirikan masjid sebagai pusat kegiatan ibadah di desanya. Dengan kelapangan hati, mereka memohon kepada calon donatur untuk mendukung warga pedalaman di sana untuk membangun Masjid Desa Sungai Ekok.

“Agar kami dapat beribadah berjamaah. Sehingga, desa kami pun ramai terdengar lantunan ayat-ayat suci dengan kegiatan ibadah umat muslim. Selama ini, beberapa warga menjalankan kegiatan beribadah di posyandu,” ungkap Eko.

BACA JUGA  Bisnis Indonesia Group Tunaikan Zakat Karyawan di Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY