Erma Fitriani, Pendamping Program Pemberdayaan Ekonomi Roemah Jamur Alam Panjang binaan Dompet Dhuafa Riau. (Foto: DD Riau)

ZNEWS.ID KAMPAR“Banyak belajar dari berbagai pandangan hidup. Di saat ada orang yang masih bisa tersenyum dan bersyukur atas apa yang mereka dapat hari ini. Walaupun sedikit, namun untuk bisa makan hari itu juga. Tentu membuat kami semakin bertekad untuk bisa lebih banyak lagi membahagiakan orang-orang di sekitar. Agar bermanfaat segala usaha dan upaya yang kita bangun”.

Penggalan kalimat penyemangat itu teruntai dari sosok Erma Fitriani, seorang Pendamping Program Pemberdayaan Ekonomi Roemah Jamur Alam Panjang di salah satu laman akun Instagram @ddriauorg, Rabu (19/8/2020).

Roemah Jamur Alam Panjang merupakan usaha rumah tangga asal Desa Alam Panjang, Kecamatan Rumbio, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Bermula sejak 2019, Dompet Dhuafa Riau menyalurkan zakat yang mereka himpun kepada mustahik yang tergabung dalam kelompok usaha Roemah Jamur Tiram Alam Panjang sebagai modal usaha dalam pemberdayaan ekonomi.

Roemah Jamur Alam Panjang asal Desa Alam Panjang, Kecamatan Rumbio, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini berdiri sejak 2019. (Foto: DD Riau)

Bantuan yang diberikan setara dengan kapasitas 12.000 baglog (media tanam tempat meletakkan bibit jamur tiram), dilengkapi dengan tempat dan biaya pembudidayaan.

Sejarah inisiasi bantuan kepada kelompok usaha ini lantaran daerah kawasan tersebut banyak warganya yang berpenghasilan rendah khususnya buruh tani. Melihat adanya potensi, Dompet Dhuafa Riau kemudian memberikan bantuan kepada kelompok usaha ini.

“Tujuan awal kami ingin memiliki usaha yang bisa banyak mengurangi pengangguran di suatu daerah, dapat memberikan ekonomi yang layak bagi yang membutuhkan, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi agar dapat membantu fakir, miskin, yatim, juga piatu,” ungkap Erma.

Tak hanya itu, Erma juga bercita-cita membangun banyak fasilitas umum dan tempat ibadah agar bermanfaat dan amalan tetap mengalir.

BACA JUGA  DOMPET DHUAFA RIAU & BAZNAS KAB. BENGKALIS : Kolaborasi Bangun Negeri hingga Pulau Terluar Riau

LEAVE A REPLY