Ilustrasi optimalkan tim sekolah berdasarkan bakat guru. (Foto: SGI)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sekolah Guru Indonesia (SGI) kembali menggelar workshop Ruang Biru (Ruang Bincang Guru), Senin (31/8/2020). Ruang Biru (Ruang Bincang Guru) merupakan wadah berbagi ilmu dan pengalaman para aktivis SGI kepada seluruh guru di Indonesia secara daring.

Ruang Biru kali ini digelar khusus untuk para pemimpin sekolah. Jusria Kadir SSos, yang merupakan Kepala SDIT Ar Rahmah sekaligus Aktivis SGI Sulawesi Selatan, dan alumni program SGI Milenial Leader, membawakan materi bertajuk ‘Mengoptimalkan Tim Sekolah Berdasarkan Bakat Guru’ secara live streaming kepada peserta melalui media sosial SGI.

Jusria menyampaikan bahwa hal yang paling mendasar agar dapat tercapainya optimalisasi kinerja suatu sekolah adalah adanya kerja sama di antara pihak sekolah dengan tenaga pendidik.

Dalam konteks ini, kata dia, harus ada kaloborasi yang baik di antara keduanya. Sehingga, dapat saling terpenuhi visi ketahanan manusia di bumi.

Selain itu, di antara kedua belah pihak harus menjadi orang-orang yang mampu menggerakkan dan menjalankan peran peradaban, baik secara personal maupun komunal. Sehingga, fitrah manusia itu akan berujung pada manusia itu sendiri.

“Arahkan pada diri sendiri untuk dapat memahami bentuk kepribadian dan temukan hal yang paling unik yang dimiliki oleh diri sendiri. Tentunya, ini tidak dapat dilakukan dalam kurun waktu yang singkat atau bahkan sekadar memprediksi tentang kepribadian seseorang,” katanya.

Jusria menjelaskan, untuk dapat mengetahui kepribadian seseorang, bisa dilakukan dengan cara memahami suatu konsep kehidupan, yaitu “Ikigai dan Talents Mapping”.

BACA JUGA  Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Asyik nan Efektif

LEAVE A REPLY