Dompet Dhuafa Yogyakarta menggandeng Pemerintah Kecamatan Tegalrejo, mengadakan pelatihan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember), di kantor kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta, Rabu (2/9/2020). (Foto: DD Yogyakarta)

ZNEWS.ID YOGYAKARTA – Dompet Dhuafa Yogyakarta menggandeng Pemerintah Kecamatan Tegalrejo, mengadakan pelatihan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember), di kantor kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta, Rabu (2/9/2020).

Diadakannya kegiatan ini guna menciptakan solusi ketahanan pangan di tengah masa pandemi. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang dimentori oleh N Eko Masruri atau biasa dikenal dengan nama Ruri Satria Berdasi.

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta, Bambang Edi P, mengatakan bahwa Budikdamber menjadi solusi yang dapat dilakukan oleh masyarakat di masa pandemi.

Pelatihan Budikdamber dimentori oleh N Eko Masruri atau biasa dikenal dengan nama Ruri Satria Berdasi. (Foto: DD Yogyakarta)

Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga yang dapat dilakukan secara mandiri, terutama untuk masyarakat perkotaan yang minim lahan.

“Kami mentasyarufkan dana zakat melalui program ini, dengan harapan masyarakat dapat tercukupi ketahanan pangannya. Sehingga, dana konsumsi makanan sehari-hari dapat dialokasikan untuk kebutuhan pokok yang lain,” katanya.

Sebab, Bambang melanjutkan, melalui Budikdamber ini, masyarakat bisa mendapatkan lauk dan sayur sekaligus.

Peserta pelatihan diberikan ember dan seperangkat media tanam beserta bibit kangkung. (Foto: DD Yogyakarta)

Peserta pelatihan diberikan ember dan seperangkat media tanam beserta bibit kangkung. Selepas pelatihan, diharapkan peserta dapat mempraktikkannya di rumah masing-masing.

Nantinya, akan ada monitoring dan pendampingan dari Divisi Ekonomi Dompet Dhuafa kepada peserta.

“Terima kasih kepada para donatur sehingga program ini dapat terealisasi,” pungkas Bambang. (DD Yogyakarta)

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Perluas Manfaat Program SLI, Dompet Dhuafa Yogyakarta Bentuk Aspirasi

LEAVE A REPLY