Oleh: Dina Purnama (Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Peserta KKN DR 61)

ZNEWS.ID JAKARTA – Rakyat Indonesia baru saja merayakan momen nasional, yaitu HUT Kemerdekaan RI ke-75. Di tengah hantaman wabah pandemi Covid-19, Indonesia tetap merayakan hari sakralnya meskipun dengan cara yang berbeda, yakni virtual.

Menyelami makna kemerdekaan tak hanya dengan perayaan semata, tetapi juga dengan merasakannya. Bagaimana rakyat bisa merasa aman dan dilindungi hak-haknya, serta dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Hal tersebut haruslah dikaji ulang, apakah Indonesia sudah benar-benar memerdekakan rakyatnya?

Membuat bangsa ini merdeka seutuhnya bukan hanya tugas pemerintah. Harus ada kolaborasi yang apik dari semua elemen, dari tingkat bawah hingga atas. Karena, memerdekakan negeri sangatlah besar cakupannya.

Apalagi, saat ini Indonesia sedang dirundung duka akibat serangan wabah Corona. Sebisa mungkin, negeri ini harus bangkit dan keluar dari zona bahaya. Jangan sampai pandemi ini terlalu lama melumpuhkan sendi-sendi kehidupan kita.

Pertanyaan yang harus dipikirkan oleh semua rakyat Indonesia saat ini adalah apakah kita sudah cukup berperan dalam memerdekakan Indonesia dari serangan pandemi Corona?

Untuk dapat memerdekakan negeri ini perlu pengorbanan yang besar. Jalan yang harus ditempuh pun tak mudah.

LEAVE A REPLY