Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dr Lukmanul Hakim. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang menerpa dunia berdampak signifikan terhadap peningkatan kemiskinan dan penurunan perekonomian nasional dan global. Pemerintah mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional.

Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dr Lukmanul Hakim, menjelaskan arahan Wakil Presiden RI yang fokus pada pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan UMKM, khususnya usaha mikro. Sebagai stafsus yang membidangi ekonomi dan keuangan, Lukmanul Hakim segera berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait.

“Pemberdayaan usaha mikro harus menjadi prioritas untuk meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat,” ungkap Lukmanul Hakim, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, melalui pemberdayaan usaha mikro, dapat membantu masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan hilangnya penghasilan karena usahanya terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah,kata dia, telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong tumbuhnya kembali UMKM melalui kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bagi usaha mikro, pemerintah memberikan hibah bagi usaha pemula.

BACA JUGA  Mendorong UMKM Go Digital dengan Active-Selling  

LEAVE A REPLY