Dompet Dhuafa Riau kembali melangsungkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 116 ekor domba di Dusun Pangkalan Lanjut, Kampung Dayun, Kabupaten Siak, di Hari Tasyrik pertama, 11 Zulhijah 1441 Hijriah, Sabtu (1/8/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID SIAK – Di Hari Tasyrik pertama, 11 Zulhijah 1441 Hijriah, Sabtu (1/8/2020), Dompet Dhuafa Cabang Riau kembali melangsungkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 116 ekor domba di Dusun Pangkalan Lanjut, Kampung Dayun, Kabupaten Siak. Daging kurban yang telah disembelih langsung didistribusikan ke tujuh wilayah di area pedalaman Siak.

Satu per satu, domba dikeluarkan dari kandangnya oleh para petugas kurban. Mereka bergiliran membawa domba yang dipanggil menggunakan pengeras suara sesuai nomor untuk disembelih pada momen Iduladha tersebut.

“Dompet Dhuafa Cabang Riau melaksanakan THK (Tebar Hewan Kurban) 2020 selama tiga hari di enam kabupaten. Di antaranya Kab. Indragiri Hulu, Kab. Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, dan hari ini di wilayah Kabupaten Siak,” terang Gio, Tim Markom Dompet Dhuafa Riau.

Daging kurban yang telah disembelih langsung didistribusikan ke tujuh wilayah di area pedalaman Siak. (Foto: dompetdhuafa.org)

Melintasi tiga kabupaten di Pekanbaru, pagi itu, Tim Dompet Dhuafa menempuh perjalanan darat via jalur lintas Sumatera selama sekitar 3 jam menuju Siak dari Pekanbaru.

Perkebunan sawit di sekitar jalur lintas Sumatera tersebut menjadi pemandangan alam yang tidak umum terlihat di kota besar.

“Di Kampung Dayun inilah program pemberdayaan zakat sentra ternak Dompet Dhuafa Riau bermula. Berawal sejak 2017, hanya ada 20 ekor doka (domba kambing) sebagai modal awal para peternak. Kini, berkembang sudah ada 200 ekor lebih dan 12 kelompok ternak yang terberdayakan. Alhamdulillah,” kata Yopi, salah satu peternak dari Kelompok Ternak Sukses Bersama.

Pada Hari Tasyrik kedua, Dompet Dhuafa Riau masih menggulirkan penyembelihan hewan kurban dan mendistribusikan daging kurban di Siak dan Pekanbaru. (Foto: dompetdhuafa.org)

Ali Bastoni, Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Riau, mengatakan THK tahun ini menjadi kurban berkah. Di mana, Peternak program zakat bahagia, pekurban bahagia, penerima daging pun bahagia.

“Insyaallah, semua bahagia. Pun, wadah hijau planet bahagia. Semoga Allah berkahi ikhtiar kita beribadah kepada-Nya. Terima kasih para donatur dan tim Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Riau,” katanya.

BACA JUGA  BI Pilih Dompet Dhuafa sebagai LAZ Unggulan di Provinsi Riau

Tak hanya dalam dua hari itu, Ali Bastoni juga menyampaikan bahwa di keesokan harinya, yakni Hari Tasyrik kedua, Dompet Dhuafa Riau masih menggulirkan penyembelihan hewan kurban dan mendistribusikan daging kurban di Siak dan Pekanbaru.

Oleh: Dhika Prabowo
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY